1. Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn)
2. Bahasa Indonesia
3. Bahasa Arab 1
4. Bahasa Arab 2
5. Bahasa Inggris 1
6. Bahasa Inggris 2
7. Metodologi Studi Islam (MSI)
8. Akhlak Tasawuf
9. Sejarah Peradaban Islam
11. Ilmu Kalam
12. Ulumul Qur’an
13. Ulumul Hadits
14. Materi dan pembelajaran PAI MI
15. Membaca dan menulis di MI/SD
16. Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI / SD
17. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di MI/SD
18. Matematika 1
19. Matematika 2
20. Pembelajaran Matematika di MI/SD
21. Konsep Dasar IPA 1
22. Konsep Dasar IPA 2
23. Pembelajaran IPA di MI/SD
24. Konsep Dasar IPS 1
25. Konsep Dasar IPS 2
26. Pembelajaran IPS di MI/SD
27. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan MI/SD
28. Pembelajaran Penjaskes MI /SD
29. Dasar-Dasar Seni 1
30. Dasar-Dasar Seni 2
31. Tahfidz al-Qur’an dan al-Hadits 1
32. Tahfidz al-Qur’an dan al-Hadits 2
33. Materi dan Pembelajaran Keterampilan Tangan di MI/...
34. Pembelajaran Pkn di MI/SD
35. Model Pembelajaran Terpadu/ Tematik
36. Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an 1
37. Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an 2
38. Pendidikan Lingkungan Hidup
39. Pendidikan Multikultural
40. Psikologi belajar dan Pembelajaran di MI/SD
41. Bimbingan dan Konseling Anak MI/SD
42. Analisis dan Pengembangan Kurikulum MI/SD
43. Metode dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
44. Pembelajaran Bahasa Inggris di MI/SD
45. Pembelajaran Bahasa Arab di MI/SD
46. Pendidikan Pramuka
47. Tafsir Tarbawi
48. Hadits Tarbawi
49. Dasar-Dasar Pendidikan
50. Sosio-Antropologi Pendidikan
51. Ilmu Pendidikan Islam
52. Perencanaan Pembelajaran
53. Strategi Belajar Mengajar
54. Media Pembelajaran
55. Evaluasi Pembelajaran
56. Administrasi dan Supervisi Pendidikan
57. Profesi Keguruan
58. Statistik Pendidikan
59. Filsafat Pendidikan Islam
60. IT/Komputer/Internet
61. Manajemen Berbasis Sekolah
62. Bimbingan Penulisan Skripsi
63. Praktek Pengalaman Lapangan 1
64. Praktek Pengalaman Lapangan 2
65. Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) dan Lingkungan
66. KKM
67. English Curriculum And Material Development
68. English for young learners
69. Integrated English 1
70. Integrated English 2
71. Instructional media, Games & Song
72. Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits MI/SD
73. Pembelajaran Aqidah-Akhlak MI/SD
74. Pembelajaran Fiqh MI/SD
75. Pembelajaran Tarikh dan Kebudayaan Islam MI/SD
76. Evaluasi Hasil Belajar PAI MI/SD
77. Wawasan Pembelajaran Matematika MI/SD
78. Materi Pembelajaran MTK MI/SD Kelas Awal
79. Materi Pembelajaran MTK MI/SD Kelas Lanjut
80. Media Pembelajaran MTK MI/SD
81. Program Pembelajaran MTK Perbantuan Komputer
82. Sains,Lingkungan,Teknologi & Masya-rakat
83. Teknologi Tepat Guna
84. Media dan Teknologi Informasi dalam pembelajaran s...
85. Pengembangan Instrumen Penilaian Sains MI/SD
86. Kebahasaan (Fonologi , Morfologi dan Semantik)
87. Membaca dan menulis di MI/SD
88. Apresiasi Sastra Indonesia MI/SD
89. Telaah Kurikulum Bahasa Indonesia MI/SD
90. Pengembangan Program Pembelajaran Bhs.Indonesia MI...
Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn)
Nama Mata Kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn)
Kode Mata Kuliah : STi. 101
Jumlah SKS : 2
Komponen : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
Kompetensi : Kompetensi Dasar
Mata Kuliah Prasyarat :
Kompetensi Mata Kuliah :
Menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air; demokratis yang berkeadaban; menjadi warga negara yang memiliki daya saing; berdisiplin; dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila.
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mengkaji tentang civic education , demokrasi, HAM, masyarakat madani, konstitusi dan otonomi daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Materi/Topik :
a. Filsafat Pancasila
b. Identitas nasional
c. Politik dan strategi
d. Demokrasi Indonesia
e. Hak Azasi manusia dan Rule of Law
f. Hak dan Kewajiban Warga Negara
g. Geopolitik Indonesia
h. Geostrategi Indonesia
Rujukan :
1. Azzumardi azra, Menuju Masyarakat madani
2. Baharuddin Loppa, Al Qur’an dan Hak Asasi Manusia
3. Bakhtiar Effendi, Islam dan negara
4. Komaruddin Hidayat, Tiga Model Hubungan Agama dan Demokrasi
5. Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Depdiknas, Nomor 43/Dikti/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi di Indonesia
Bahasa Indonesia
Nama Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
Kode Mata Kuliah : STi. 102
Jumlah SKS : 2
Komponen : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
Kompetensi : Kompetensi Dasar
Mata Kuliah Prasyarat :
Kompetensi Mata Kuliah :
Menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki pengetahuan dan sikap positif terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa nasional dan mampu menggunakannya secara baik an benar untuk mengungkapkan pemahaman. rasa kebangsaan dan cinta tanah air, dan untuk berbagai keperluan dalam bidang ilmu. teknologi dan seni, serta profesinva masing-masing.
Deskripsi Mata Kuliah :
Matakuliah bahasa Indonesia sebagai MPK menekankan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa nasional secara baik dan benar untuk menguasai, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan. teknologi. dan seni sebagai perwujudan kecintaan dan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia
Materi/Topik :
1. Konsep mendengarkan yang efektif, teknik mencatat, meringkas, dan menulis cepat.
2. Konsep berbicara monologis dan dialogis
3. Prinsip membaca intensif dan efektif.
4. Konsep membaca nyaring, membaca pemahaman, membaca kritis, dan membaca cepat
5. Menulis berbagai jenis tulisan dengan baik dan benar
Rujukan :
1. Jauharoti Alfin dkk., Bahasa Indonesia 1, Edisi Pertama, Paket 1-6, Learning Assistance Program for Islamic Schools (LAPIS) PGMI, 2008.
2. _____________, Bahasa Indonesia 1, Edisi Pertama, Paket 7-12, Learning Assistance Program for Islamic Schools (LAPIS) PGMI, 2008.
3. Kebahasaan (Fonologi, Morfologi & Semantik). Bandung: UPI Press, 2006
4. Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Depdiknas, Nomor 43/Dikti/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi di Indonesia.
Bahasa Arab 1
Nama Mata Kuliah : Bahasa Arab 1
Kode Mata Kuliah : STi. 103
Jumlah SKS : 2
Komponen : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
Kompetensi : Kompetensi Dasar
Mata Kuliah Prasyarat :
Kompetensi Mata Kuliah :
a. Menyimak
Memahami wacana lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.
b. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.
c. Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.
d. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat.
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mengkaji tentang materi Bahasa Arab dalam kurikulum MI/SD.
Materi/Topik :
1 Hurf Hijaiyyah
2 Mufradhat dan ungkapan sederhana bahasa Arab
3 Al-hiwar (at-ta'aruf )
4 -Al-hiwar (A'dhoul jismi)
5 -Al-hiwar (Fi-albait, fi-syuq dan fi al-madrasyah)
6 Bacaan sederhana tentang: fi al-bait, as-suuq, al-madrasah dan fi at-thoriq
7 Imla' manzur
8 Insya' muajjah
Rujukan :
1. Buku Bahasa Arab MI/SD
2. Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
Bahasa Arab 2
Nama Mata Kuliah : Bahasa Arab 2
Kode Mata Kuliah : STi. 104
Jumlah SKS : 2
Komponen : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
Kompetensi : Kompetensi Dasar
Mata Kuliah Prasyarat :
Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa dapat menguasai berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran Bahasa Arab di MI/SD meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis.
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran Bahasa Arab di MI/SD.
Materi/Topik :
1 Materi menyimak, berbicara, membaca dan menulis Kurikulum BA MI yang berupa hiwar, Qira’ah dan teks sederhana lainnya.
2 Perencanaan pembelajaran menyimak, berbicara, membaca dan menulis: Peta Kompetensi program tahunan, program semester, silabus, RPP
3 Evaluasi pembelajaran menyimak, berbicara, membaca dan menulis: Test, Unjuk kerja, Produk
4 Materi membaca yang tercantum dalam Kurikulum BA MI: : membaca teks pendek, nyaring, lancar , teks agak panjang, mencari makna; Perencanaan pembelajaran membaca BA MI: Silabus, RPP
5 Materi menulis BA MI: menulis permulaan melalui imla’ manqul, dan Imla’ mandzur sampai pada Imla’ Ikhtibary .
6 Perencanaan pembelajaran menulis BA MI: Silabus, RPP
7 Pelaksanaan pembelajaran menulis: strategi, media, pengelolaan kelas, LKS BA MI
8 Evaluasi pembelajaran menulis di kelas awal: Penilaian Produk, Portfolio, Sikap
Rujukan :
1. Buku Bahasa Arab MI/SD
2. Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
Bahasa Inggris 1
Nama Mata Kuliah : Bahasa Inggris 1
Kode Mata Kuliah : STi. 105
Jumlah SKS : 2
Komponen : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
Kompetensi : Kompetensi Dasar
Mata Kuliah Prasyarat :
Kompetensi Mata Kuliah :
Agar mahasiswa memiliki kemampuan :
1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language accompanying action) dalam konteks sekolah.
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global.
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mengkaji tentang materi Bahasa Inggris dalam kurikulum MI/SD.
Materi/Topik :
a. Menyimak
Memahami wacana lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.
b. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.
c. Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.
d. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat.
Rujukan :
Permendiknas Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Bahasa Inggris 2
Nama Mata Kuliah : Bahasa Inggris 2
Kode Mata Kuliah : STi. 106
Jumlah SKS : 2
Komponen : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
Kompetensi : Kompetensi Dasar
Mata Kuliah Prasyarat :
Kompetensi Mata Kuliah :
Agar mahasiswa memiliki kemampuan :
1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language accompanying action) dalam konteks sekolah.
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global.
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mengkaji tentang materi Bahasa Inggris dalam kurikulum MI/SD.
Materi/ Topik :
a. Menyimak
Memahami wacana lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.
b. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.
c. Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.
d. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat.
Rujukan :
Permendiknas Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Metodologi Studi Islam (MSI)
Nama Mata Kuliah : Metodologi Studi Islam (MSI)
Kode Mata Kuliah : STi. 302
Jumlah SKS : 2
Komponen : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
Kompetensi : Kompetensi Dasar
Mata Kuliah Prasyarat :
Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa dapat memahami berbagai metode penelitian keagamaan untuk memecahkan masalah-masalah umat serta memiliki wawasan luas tentang fenomena keberagamaan dan kemasyarakatan.
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mengkaji berbagai metode penelitian keagamaan untuk memecahkan masalah-masalah umat serta memiliki wawasan luas tentang fenomena keberagamaan dan kemasyarakatan.
Materi/Topik :
1. Pentingnya studi Islam
2. Studi Islam: perspektif disiplin ilmu lain
3. Model-model penelitian agama
4. Epistemologi studi Islam
5. Konsep, Prinsip, teori, pendekatan, metode, teknik, strategi dan prosedur studi Islam.
Rujukan :
1. A. Mukti Ali, Metode Memahami Agama Islam
2. A. Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam
3. Harun Nasution, Islam ditinjau dari Berbagai Aspeknya
4. Richard C. Martin (ed), Aproaches to Islam in Religious Studies, Tucson : The University of Arizona Press, 1985
3 komentar:
Assalmu alaikum, Al ustadz boleh mohon bantuan tampilkan silabus Pendidikan Fiqih SMT V PGMI. trimakasih
mantaaap kang.... menginspirasi....
Jazakallahu khoiron ya akhi
Posting Komentar