SILABUS PAI


1.        Sejarah Pendidikan Islam
2.        Masail Fiqh
3.        Kurikulum PAI di MTS/MA
4.        Kurikulum PAI di SMP/SMA
5.        Qiro’atul Kutub
6.        Bimbingan Dan Konseling
7.        Pemikiran Modern Dalam Islam
8.        Materi PAI Luar Sekolah
9.        Metodologi Pembelajaran PAI
10.    llmu Pendidikan Islam
11.    Perbandingan Madzhab
12.    Materi Pendidikan Fiqih di MTs
13.    Materi Pendidikan Sejarah Islam di MTs
14.    Materi Pendidikan Qur’an Hadits di MTs
15.    Materi Pendidikan Aqidah Akhlak di MTs
16.    Materi Pendidikan Fiqih di MA
17.    Materi Pendidikan Sejarah Islam di MA
18.    Materi Pendidikan Qur’an Hadits di MA
19.    Materi Pendidikan Aqidah Akhlak di MA
20.    Filsafat Dasar PAI Luar Sekolah
21.    Kapita Selekta Pendidikan Islam
22.    Psikologi Kepribadian


1. Sejarah Pendidikan Islam
Nama Mata Kuliah : Sejarah Pendidikan Islam
Kode Mata Kuliah : PAI.202
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : II (dua)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa memahami pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam di Indonesia sejak jaman kerajaan Islam sampai jaman kemerdekaan.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Sejarah masuknya Islam di Indonesia, keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa kerajaan Islam, Keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa penjajahan Belanda, Keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa penjajahan Jepang, Keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa orde lama (1945 – 1965), Keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa order baru (1966 – 1998), Keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa sekarang.

Materi/Topik :
1. Sejarah masuknya Islam di Indonesia
2. Keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa kerajaan Islam
3. Keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa penjajahan Belanda
4. Keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa penjajahan Jepang
5. Keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa orde lama (1945 – 1965)
6. Keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa order baru (1966 – 1998)
7. Keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa sekarang.

Buku Sumber :
1. Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta, 1985.
2. Juhaerini, dkk, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Dirjen Bimbaga Islam, Depag. RI, Jakarta, 1988.
3. Drs. HA. Mustofa, Drs. Abdullah Aly, Sejarah Pendidikan Islam di indonesia, Pustaka Setia, 1999.
4. A. Syafi’i Maraif dkk, Pendidikan Islam di di Indonesia antara Cita dan Fakta, Tiara Wacana, Yogya, 1991.

2. Masail Fiqh
Nama Mata Kuliah : Masail Fiqh
Kode Mata Kuliah : PAI.302
Jumlah SKS : 3
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : III (tiga)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa memahami dengan baik tentang problema-problema yang timbul dalam Fiqh Islam memberikan kemampuan untuk membahas dan memecahkan masalah-masalah Fiqh yang aktual dan memasyarakatkannya.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Tabungan haji, Zakat hasil jaza (profesi) dan penyaluran zakat untuk pemugaran dan pembangunan Masjid, Pembuatan patung dan monumen, Pajak dan zakat, Bank dan rente, bank dan fee (biaya administrasi), Koperasi (Syirkah Ta'awuniyah), Mudharabah dan Joint Venture, Operasi plastik dan ganti kelamin, Pemanfaatan gadaian oleh penerima gadaian, Asuran Jiwa, kebakaran, kecelakaan, kesehatan dan sebagainya, Tata-raga, tinju, gulat, balapan kuda dan lain sebagainya yang berhadiah, Undian dan lotere, Pasar uang, Bursa Valuta Asing, dan keuntungan saham pada perusahaan, Penjualan barang diatas harga yang sebenarnya karena kredit (cicilan), Akad nikah dengan alat teknologi maju.

Materi/Topik :
1. Tabungan haji
2. Zakat hasil jaza (profesi) dan penyaluran zakat untuk pemugaran dan pembangunan Masjid
3. Pembuatan patung dan monumen
4. Pajak dan zakat
5. Bank dan rente, bank dan fee (biaya administrasi)
6. Koperasi (Syirkah Ta'awuniyah), Mudharabah dan Joint Venture
7. Operasi plastik dan ganti kelamin
8. Pemanfaatan gadaian oleh penerima gadaian
9. Asuran Jiwa, kebakaran, kecelakaan, kesehatan dan sebagainya
10. Tata-raga, tinju, gulat, balapan kuda dan lain sebagainya yang berhadiah
11. Undian dan lotere
12. Pasar uang, Bursa Valuta Asing, dan keuntungan saham pada perusahaan
13. Penjualan barang diatas harga yang sebenarnya karena kredit (cicilan)
14. Akad nikah dengan alat teknologi maju

Buku Sumber
1. Dr. Mahmud Syaltut, Al-Fatawa
2. Abd. Rahman Isa, Al-Mu'amalah al-Haditsah wa Ahkamuha
3. Dr. Yusuf Al-Qardhawy, Fiqh Al-Zakah
4. Dr. Yusuf Musa, Al-Fiqh
5. Drs. Masyfuk Zuhdi, Masail Fiqhiyah
6. A. Hasan, Soal Jawab Agama

3. Kurikulum PAI di MTS/MA
Nama Mata Kuliah : Kurikulum PAI di MTS/MA
Kode Mata Kuliah : PAI.303
Jumlah SKS : 3
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : III (tiga)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa dapat memahami, menguasai dan memiliki wawasan yang luas tentang materi kurikulum pendidikan agama di SMP serta dapat mengembangkannya dalam bentuk paket belajar atau modul.

Deskirpsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Telaah terhadap dasar-dasar pengembangan kurikulum pendidikan agama di SMT/MTs, tujuan, dan prinsip-prinsip pengembangannya, Telaah terhadap struktur dan isi/materi kurikulum pendidikan agama di SMP/MTs, organisasi kurikulumnya dan strategi pelaksanaan pengembangannya, Teknik pengayaan isi materi kurikulum pendidikan agama di SMP/MTs termasuk buku teks pendidikan agama, Latihan pembuatan paket belajar.

Materi/Topik :
1. Telaah terhadap dasar-dasar pengembangan kurikulum pendidikan agama di SMT/MTs, tujuan, dan prinsip-prinsip pengembangannya.
2. Telaah terhadap struktur dan isi/materi kurikulum pendidikan agama di SMP/MTs, organisasi kurikulumnya dan strategi pelaksanaan pengembangannya.
3. Teknik pengayaan isi materi kurikulum pendidikan agama di SMP/MTs termasuk buku teks pendidikan agama.
4. Latihan pembuatan paket belajar.

Buku Sumber
1. Burhan Nurgiantoro, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, Yogyakarta, BPFE, 1988.
2. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan atau Departemen Agama RI, Kurikulum-kurikulum yang sedang diterapkan dan dikembangkan di sekolah/madrasah, (SMP/MTs.)
3. T. Reka Joni, I.G.A.K. Wardani, Pengembangan Paket Belajar, Jakarta, Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud, 1984.
4. Text Book Pendidikan Agama Islam SMP/MTs.
5. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP/MTs.
6. M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran.
7. Abdul Gofur, Desain Instruksional suatu Lankah Sistematis Penyusunan Pola Dasar KBN, 1989.
8. Arip Sardiman, Media Pendidikan, Jakarta, CV. Rajawali, 1990.


4. Kurikulum PAI di SMP/SMA
Nama Mata Kuliah : Kurikulum PAI di SMP/SMA
Kode Mata Kuliah : PAI.304
Jumlah SKS : 3
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : III (tiga)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa dapat memahami, menguasai dan memiliki wawasan yang luas tentang materi kurikulum pendidikan agama di SMA serta dapat mengembangkannya dalam bentuk paket belajar atau modul.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Telaah terhadap dasar-dasar pengembangan kurikulum pendidikan agama di SMA/MA, tujuan, dan prinsip-prinsip pengembangannya, Telaah terhadap struktur dan isi/materi kurikulum pendidikan agama di SMA/MA, organisasi kurikulumnya dan strategi pelaksanaan pengembangannya, Teknik pengayaan isi materi kurikulum pendidikan agama di SMA/MA/SMK dan sebagainya termasuk buku teks pendidikan agama, Latihan pembuatan paket belajar.

Materi/Topik :
1. Telaah terhadap dasar-dasar pengembangan kurikulum pendidikan agama di SMA/MA, tujuan, dan prinsip-prinsip pengembangannya.
2. Telaah terhadap struktur dan isi/materi kurikulum pendidikan agama di SMA/MA, organisasi kurikulumnya dan strategi pelaksanaan pengembangannya.
3. Teknik pengayaan isi materi kurikulum pendidikan agama di SMA/MA/SMK dan sebagainya termasuk buku teks pendidikan agama.
4. Latihan pembuatan paket belajar.

Buku Sumber
1. Burhan Nurgiantoro, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, Yogyakarta, BPFE, 1988.
2. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan atau Departemen Agama RI, Kurikulum-kurikulum yang sedang diterapkan dan dikembangkan di sekolah/madrasah, (SMA/MA).
3. T. Reka Joni, I.G.A.K. Wardani, Pengembangan Paket Belajar, Jakarta, Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud, 1984.
4. Text Book Pendidikan Agama Islam SMA/MA.
5. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA/MA.
6. M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran.
7. Abdul Gofur, Desain Instruksional suatu Langkah Sistematis Penyusunan Pola Dasar KBN, 1989.
8. Arip Sardiman, Media Pendidikan, Jakarta, CV. Rajawali, 1990.

5. Qiro’atul Kutub
Nama Mata Kuliah : Qiro’atul Kutub
Kode Mata Kuliah : PAI.401
Jumlah SKS : 3
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : IV (empat)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu membaca serta memahami dengan baik dan benar teks-teks tentang sosial keagamaan dalam bahasa Arab, melalui kegiatan latihan membaca serta memahami kandungan isi serta unsur-unsur qawa'id (nahwu, sharaf, balaghah) serta bacaan yang diambil dari kitab-ktia maraji' yang digunakan dalam perkuliahan.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Bacaan keagamaan dengan latihan menentukan bentuk-bentuk kata : ﺍﺳﻢ - ﻔﻌﻞ - ﺤﺮﻒ, Bacaan keagamaan dengan latihan menentukan kata-kata dan ungkapan yang berfungsi sebagai ﺨﺒﺮ ﻤﺒﺘﺩ ﺍ- ﺨﺒﺮ ﻤﻘﻢ - ﻤﺒﺘﺩ ﺍ ﻤﺆ ﺨﺮ , Bacaan keagamaan dengan latihan menentukan kata-kata dan ungkapan yang bersungsi sebagai ﻔﺎ ﻋﻞ - ﻤﻔﻌﻮ ﻞ ﺒﻪ ﺍ ﺴﻢ ﺍ ﻥ ﻮ ﺍ ﻥ ﻮ ﺨﺒﺮ ﻫﻤﺎ, Bacaan keagamaan dengan latihan membaca fi'il tsulatsi mazid dan makna ziyadah, Bacaan keagamaan dengan latihan membedakan makna jumlah simiyah dan jumlah fi'liyah, termasuk penentuan makna fi'il madhi dan fi'il mudhari' dalam konteks kalimat (jumlah) seperti : ﺍ ﺫ ﺍ ﺫ ﻫﺐ ﻠﻢ ﺒﺫ ﻫﺐ, Bacaan keagamaan dengan latihan membaca masdar dan kata-kata sifat, ﺍ ﻠﻨﻔﺿﻴﻞ, ﺼﻴﻐﺔ ﺍ ﻠﻌﺒﺎ ﻠﻐﺔ, ﺍ ﻠﺼﻔﺔ ﺍ ﻠﻣﺸﺒﻬﺔ, ﺍ ﺴﻢ ﺍ ﻠﻣﻔﻌﻮ ﻝ, ﺍ ﺴﻢ ﺍ ﻠﻔﺎ ﻋﻝ Bacaan keagamaan dengan latihan membaca mudhaf ilaihi dan na'at (mufrad dan na'at), Bacaan keagamaan dengan latihan menentukan ﻣﻌﺎ ﻨﻰ ﺤﺮ ﻒ ﺍ ﻠﺠﺮ dan ﻣﺘﻌﻠﻮ nya, termasuk yang membentuk idiom ﺸﻌﺒﺎ ﺮ ﺍ ﺕ ﺍ ﻻ ﺻﻄﻼ ﺤﻴﺔ, Bacaan keagamaan dengan latihan memahami makna, ﻮ ﺍ ﻮ ﺍ ﻠﻌﻄﻒ, ﻮ ﺍ ﻮ ﺍ ﻻ ﺴﺘﺘﻨﺎ ﻒ, ﻔﺎ ﺀ ﺍ ﻠﻌﻄﻒ, ﻔﺎ ﺀ ﻠﻠﺘﻌﻠﻴﻞ, Bacaan keagamaan dengan latihan memahami jabatan masdar mu'awal, ( ﺍﻦ+ ﻔﻌﻞ, ﻤﺎ ﻔﻌﻞ ) berfungsi sebagai ﻔﺎ ﻋﻞ, ﻤﻔﻌﻮ ﻞ ﺒﻪ, ﻤﺑﺘﺩ ﺍ ﻤﺆ ﺨﺮ, ﺨﺑﺮ ﺍ ﻠﻤﻔﺑﺘﺩ ﺍ, ﻤﻀﺎ ﻒ ﺍ ﻠﻳﻪ, Bacaan keagamaan dengan latihan memahami makna hakiki dan makna majazi (isti'arah dan majaz mursal).

Materi/Topik :
1. Bacaan keagamaan dengan latihan menentukan bentuk-bentuk kata :
ﺍﺳﻢ - ﻔﻌﻞ - ﺤﺮﻒ
2. Bacaan keagamaan dengan latihan menentukan kata-kata dan ungkapan yang berfungsi sebagai ﺨﺒﺮ ﻤﺒﺘﺩ ﺍ- ﺨﺒﺮ ﻤﻘﻢ - ﻤﺒﺘﺩ ﺍ ﻤﺆ ﺨﺮ
3. Bacaan keagamaan dengan latihan menentukan kata-kata dan ungkapan yang bersungsi sebagai ﻔﺎ ﻋﻞ - ﻤﻔﻌﻮ ﻞ ﺒﻪ - ﺍ ﺴﻢ ﺍ ﻥ ﻮ ﺍ ﻥ ﻮ ﺨﺒﺮ ﻫﻤﺎ
4. Bacaan keagamaan dengan latihan membaca fi'il tsulatsi mazid dan makna ziyadah
5. Bacaan keagamaan dengan latihan membedakan makna jumlah simiyah dan jumlah fi'liyah, termasuk penentuan makna fi'il madhi dan fi'il mudhari' dalam konteks kalimat (jumlah) seperti : ﺍ ﺫ ﺍ ﺫ ﻫﺐ ﻠﻢ ﺒﺫ ﻫﺐ
6. Bacaan keagamaan dengan latihan membaca masdar dan kata-kata sifat
ﺍ ﻠﻨﻔﺿﻴﻞ, ﺼﻴﻐﺔ ﺍ ﻠﻌﺒﺎ ﻠﻐﺔ, ﺍ ﻠﺼﻔﺔ ﺍ ﻠﻣﺸﺒﻬﺔ, ﺍ ﺴﻢ ﺍ ﻠﻣﻔﻌﻮ ﻝ, ﺍ ﺴﻢ ﺍ ﻠﻔﺎ ﻋﻝ
7. Bacaan keagamaan dengan latihan membaca mudhaf ilaihi dan na'at (mufrad dan na'at)
8. Bacaan keagamaan dengan latihan menentukan ﻣﻌﺎ ﻨﻰ ﺤﺮ ﻒ ﺍ ﻠﺠﺮ dan ﻣﺘﻌﻠﻮ nya, termasuk yang membentuk idiom ﺸﻌﺒﺎ ﺮ ﺍ ﺕ ﺍ ﻻ ﺻﻄﻼ ﺤﻴﺔ
9. Bacaan keagamaan dengan latihan memahami makna
ﻮ ﺍ ﻮ ﺍ ﻠﻌﻄﻒ, ﻮ ﺍ ﻮ ﺍ ﻻ ﺴﺘﺘﻨﺎ ﻒ, ﻔﺎ ﺀ ﺍ ﻠﻌﻄﻒ, ﻔﺎ ﺀ ﻠﻠﺘﻌﻠﻴﻞ
10. Bacaan keagamaan dengan latihan memahami jabatan masdar mu'awal
( ﺍﻦ+ ﻔﻌﻞ, ﻤﺎ ﻔﻌﻞ ) berfungsi sebagai
ﻔﺎ ﻋﻞ, ﻤﻔﻌﻮ ﻞ ﺒﻪ, ﻤﺑﺘﺩ ﺍ ﻤﺆ ﺨﺮ, ﺨﺑﺮ ﺍ ﻠﻤﻔﺑﺘﺩ ﺍ, ﻤﻀﺎ ﻒ ﺍ ﻠﻳﻪ
11. Bacaan keagamaan dengan latihan memahami makna hakiki dan makna majazi (isti'arah dan majaz mursal)

Buku Sumber
1. Al-Qur'anul Karim, Hadits-hadits Nabi
2. Kitab-kitab Majari' agama yang digunakan dalam perkuliahan
3. Buku-buku qawaid :
- ﺨﻨﻔﻰ ﺑﻚ ﻮ ﺍ ﻠﻼ ﺨﺮ ﻮ ﻦ, ﻗﻮ ﺍ ﻋﺪ ﺍ ﻠﻠﻐﺔ ﺍ ﻠﻌﺭ ﺑﻴﺔ, ﺸﺮ ﻛﺔ ﺑﻨﻛﻮ ﻞ ﺍ ﻨﺪﻩ, ﺴﻮ ﺮ ﺍ ﺑﺎ ﺑﺎ
ﻋﺑﺎ ﺲ ﺤﺴﻦ, ﺍ ﻨﻨﺤﻮ ﺍ ﻠﻮ ﺍ ﻔﻰ, ﺪ ﺍ ﺮ ﺍ ﻠﻣﻌﺎ ﺮﻒ, ﺍ ﺘﻔﺎ ﻫﺮ ﺓ-
ﻋﻠﻰ ﺍ ﻠﺠﺎ ﺮﻢ ﻮ ﻤﺻﻄﻔﻰ ﺃ ﻤﻴﻥ, ﺍ ﺘﺒﻼ ﻏﺔ ﺍ ﻠﻮﺍ ﻀﺤﺔ, ﺪﺍ ﺮﺍ ﻠﻤﻌﺎ ﺭﻒ ﺍ ﻠﻘﺎ ﻫﺮﺓ-

6. Bimbingan Dan Konseling
Nama Mata Kuliah : Bimbingan Dan Konseling
Kode Mata Kuliah : PAI.404
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : IV (empat)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa diharapkan mampu memahami prinsip-prinsip pelaksanaan bimbingan dan konseling, teknik-tekniknya, serta program dan evaluasi program tersebut, sehingga dapat mendiagnosa berbagai kesulitan belajar yang dialami peserta didik serta dapat memberikan terapinya.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Pengertian, Tujuan dan Fungsi Bimbingan dan Konseling; Sejarah Bimbingan dan Konseling (secara umum dan khusus di Indonesia); Dasar dan Prinsip Bimbingan dan Konseling; Organisasi Bimbingan dan Konseling dan mekanisme kerjanya; Macam-macam layanan Bimbingan dan Konseling; Teknik-Teknik Bimbingan dan Konseling; Program Bimbingan dan Konseling di sekolah (TK sampai dengan Perguruan Tinggi); Evaluasi program Bimbingan dan Konseling di sekolah; Praktikum Bimbingan dan Konseling ke sekolah (kelompok).

Materi/Topik :
1. Pengertian, Tujuan dan Fungsi Bimbingan dan Konseling
2. Sejarah Bimbingan dan Konseling (secara umum dan khusus di Indonesia)
3. Dasar dan Prinsip Bimbingan dan Konseling
4. Organisasi Bimbingan dan Konseling dan mekanisme kerjanya
5. Macam-macam layanan Bimbingan dan Konseling
6. Teknik-Teknik Bimbingan dan Konseling
7. Program Bimbingan dan Konseling di sekolah (TK sampai dengan Perguruan Tinggi)
8. Evaluasi program Bimbingan dan Konseling di sekolah
9. Praktikum Bimbingan dan Konseling ke sekolah (kelompok)


Buku Sumber :
1. Bimo Walgito, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah
2. Dewa Ketut Sukartdi, Bimbingan dan Konseling
3. Juhana Wijaya, Psikologi Bimbingan
4. I Jumhur dan Moh. Surya, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah,
5. WS. Winkel, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan
6. Syahril dan Riska, Pengantar Bimbingan dan Penyuluhan
7. Asep Saepudin dkk, Bimbingan dan Konseling sebuah Konsep untuk Aplikasi
8. Slameto, Organisasi dan Administrasi Bimbingan di Sekolah
9. Juntika Nurihsan, Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan
10. Juntika Nurihsan, Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling.



7. Pemikiran Modern Dalam Islam
Nama Mata Kuliah : Pemikiran Modern Dalam Islam
Kode Mata Kuliah : PAI.405
Jumlah SKS : 3
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : IV (empat)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa memahami Perkembangan Umat Islam di zaman Modern untuk menimbulkan semangat serta optimisme, dan selanjutnya dapat mengambil ikhtibar.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Pembahasan di Turki : Pembaharuan Sultan Mahmud yang ke II, Tanzimat, Usmani Muda dan Turki Muda, Aliran Pembaharuan (Barat, Islam, Nasionalisme), Mustafa Kamal dan Sekularisme, Kembali kepada Agama, Pembaharuan di India / Pakistan : Gerakan Mujahiddin dan Sekolah Doobant, Sayyid Ahmad Khan dan Gerakan Aligar, Sayyid Amir Ali, Iqbal dan Jinnah, Abul Qalam Acad dan Maududi, Pembaharuan di Indonesia : Kaum Padri dan Kaum Muda, Al-Irsyad dan Jami'at Khair, Muhammadiyah dan Persis, Syarikat Islam dan Yong Islamiten Bond, NU, Masyumi dan Pembaharuan Kontemporer.

Materi/Topik :
A. Pembahasan di Turki (lima kali pertemuan)
a. Pembaharuan Sultan Mahmud yang ke II
b. Tanzimat, Usmani Muda dan Turki Muda
c. Aliran Pembaharuan (Barat, Islam, Nasionalisme)
d. Mustafa Kamal dan Sekularisme
e. Kembali kepada Agama
B. Pembaharuan di India / Pakistan (lima kali pertemuan)
1. Gerakan Mujahiddin dan Sekolah Doobant
2. Sayyid Ahmad Khan dan Gerakan Aligar
3. Sayyid Amir Ali
4. Iqbal dan Jinnah
5. Abul Qalam Acad dan Maududi
C. Pembaharuan di Indonesia (lima kali pertemuan)
1. Kaum Padri dan Kaum Muda
2. Al-Irsyad dan Jami'at Khair
3. Muhammadiyah dan Persis
4. Syarikat Islam dan Yong Islamiten Bond
5. NU, Masyumi dan Pembaharuan Kontemporer

Buku Sumber :
1. Harun Nasution, Pembaharuan Dalam Islam
2. ____________, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya I – II
3. Deliar Noor, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900 – 1942
4. ____________, Islam, Pancasila, dan Azaz Tunggal
5. Karelk Stenbrink, Beberapa Aspek tengan Islam di Indonesia Abad ke XIX
6. Banda, H.Y., Bulan Sabit dan Matahari Terbit, Islam di Indonesia Masa Pendudukan Jepang
7. A. Mukti Ali, Alam Pikiran Islam Modern di Indo Pakistan.


8. Materi PAI Luar Sekolah
Nama Mata Kuliah : Materi PAI Luar Sekolah
Kode Mata Kuliah : PAI.406
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : IV (empat)

Kompetensi Mata Kuliah :

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini meliputi kajian tentang : Pendidikan Agama Islam Luar Sekolah : Sejarah terbentuknya pendidikan; Bentuk-bentuk pendidikan; Sejarah perkembangan dan istilah lain Pendidikan Luar Sekolah; Materi PAI Luar Sekolah pada pendidikan informal : Sistem pendidikan Islam di lingkungan keluarga; Sistem pendidikan Islam di lingkungan keluarga melalui pendampingan / Private Les; Sistem pendidikan Islam di lingkungan keluarga melalui Home Schooling; Sistem pendidikan Islam di lingkungan keluarga bagi anak wanita; Materi PAI Luar Sekolah pada lembaga pendidikan nonformal: Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Tradisional (salafy); Materi PAI luar sekolah pada lembaga pendidikan pondok pesantren modern (khalaf); Materi PAI luar sekolah pada ”Pesantren Kilat”; Materi PAI luar sekolah pada Majlis Taklim; Materi PAI luar sekolah pada Madrasah Diniyah; Materi PAI luar sekolah pada Taman Kanak-Kanak al-Qur’an (TKQ); Materi PAI luar sekolah pada Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ).

Materi/Topik :
1. Pendidikan Agama Islam Luar Sekolah
a. Sejarah terbentuknya pendidikan
b. Bentuk-bentuk pendidikan
c. Sejarah perkembangan dan istilah lain Pendidikan Luar Sekolah
2. Materi PAI Luar Sekolah pada pendidikan informal
a. Sistem pendidikan Islam di lingkungan keluarga
b. Sistem pendidikan Islam di lingkungan keluarga melalui pendampingan / Private Les
c. Sistem pendidikan Islam di lingkungan keluarga melalui Home Schooling
d. Sistem pendidikan Islam di lingkungan keluarga bagi anak wanita
3. Materi PAI Luar Sekolah pada lembaga pendidikan nonformal
a. Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Tradisional (salafy)
b. Materi PAI luar sekolah pada lembaga pendidikan pondok pesantren modern (khalaf)
c. Materi PAI luar sekolah pada ”Pesantren Kilat”
d. Materi PAI luar sekolah pada Majlis Taklim
e. Materi PAI luar sekolah pada Madrasah Diniyah
f. Materi PAI luar sekolah pada Taman Kanak-Kanak al-Qur’an (TKQ)
g. Materi PAI luar sekolah pada Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ)

Buku Sumber :
1. Abdurrahman Assegaf, Pendidikan Tanpa Kekerasan, Tiara Wacana, Yogyakarta, 2004
2. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Bumi Aksara, Jakarta, 1991
3. Al-Shabbagh, Mahmud, Tuntunan Keluarga Bahagia Menurut Islam, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1993
4. Al-Thalib, Ilham, Mendidik Generasi Masa Depan (Peranan muslimah dalam Era Teknologi, Risalah Gusti, Jakarta, 1999
5. Ghabaud, Jacqueline, The Education and Advancement of Women, Unesco, Paris, 1970.

9. Metodologi Pembelajaran PAI
Nama Mata Kuliah : Metodologi Pembelajaran PAI
Kode Mata Kuliah : PAI.501
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : V (lima)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa memahami berbagai metode dalam memberikan pendidikan agama Islam.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Pengertian, ruang lingkup dan kegunaan metodologi pengajaran pendidikan agama Islam, Metode-metode untuk pengajaran Al-Qur'an dan Al-Hadits, pengajaran keimanan, pengajaran syari'ah, pengajaran mu'amalah, pengajaran ibadah, pengajaran tarikh, pengajaran akhlak, Pendidikan Agama Islam secara terpadu, Metoda untuk pengajaran membaca dan menulis huruf al-Qur'an.

Materi/Topik :
1. Pengertian, ruang lingkup dan kegunaan metodologi pengajaran pendidikan agama Islam
2. Metode-metode untuk pengajaran Al-Qur'an dan Al-Hadits
3. Metode-metode untuk pengajaran keimanan
4. Metode-metode untuk pengajaran syari'ah
5. Metode-metode untuk pengajaran mu'amalah
6. Metode-metode untuk pengajaran ibadah
7. Metode-metode untuk pengajaran tarikh
8. Metode-metode untuk pengajaran akhlak
9. Pendidikan Agama Islam secara terpadu
a. Proses, hubungan antara sekolah dan keluarga, hubungan antara sekolah dan masyarakat
b. Materi, keterkaitan mata pelajaran agama Islam dengan mata pealjaran lain seperti : matematika, IPS, IPTEK
10. Metoda untuk pengajaran membaca dan menulis huruf al-Qur'an

Buku Sumber :
1. Zakiah Daradjat, dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Departemen Agama RI, Jakarta, 1985.
2. Ahmad Tafsir, Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1986.

10. llmu Pendidikan Islam
Nama Mata Kuliah : llmu Pendidikan Islam
Kode Mata Kuliah : PAI.
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester :

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa dapat memahami konsep dan teori pendidikan Islam dan mengaplikasikannya dalam proses pendidikan Islam.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang: Pokok-Pokok bahasan materi Fiqih untuk siswa MA yang meliputi tentang materi pokok, tujuan, metode pengajaran dan evaluasinya.

Materi/Topik :
1. Pengertian, ruang lingkup dan kegunaan ilmu pendidikan Islam
2. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam
3. Tujuan Pendidikan menurut Islam
4. Pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam
5. Peserta didik dalam pendidikan Islam (konsep Islam tentang Fitrah, lingkungan (bi’ah) dan pendidikan seumur hidup)
6. Alat-alat dalam pendidikan Islam
7. Kurikulum pendidikan Islam
8. Pendekatan dan metode pendidikan Islam
9. Lingkungan pendidikan dalam pendidikan Islam
10. Tanggung jawab dan kelembagaan pendidikan Islam

Buku Sumber

1. Zakiah Daradjat, dkk, (1985), Ilmu Pendidikan Islam, Departemen Agama RI.
2. Abd. Rahman an-Nahlawi, (1979), Ushul al-Tarbiyah Islamiyah wa Assalibuha, Damascus, Dar al-Fikr.
3. Abd. Rahman Saleh, Landasan dan Tujuan Pendidikan menurut al-Qur’an serta Implementasinya,
4. Muh. Qutub, (1984), Sistem Pendidikan Islam, Penerjemah Salman Harun, Bandung, Al-Ma’arif.
5. Ahmad Tafsir, (1992), Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung, Rosdakarya.
6. Syed Muhammad al-Naquib al-Attas (1997), Aims and Objectives of Islamic Education, Jeddah : Hodder and Stoughton.
7. Nur Ubiyati, Ilmu Pendidikan Islam, CV. Pustaka Setia, Bandung, 1999.

11. Perbandingan Madzhab
Nama Mata Kuliah : Perbandingan Madzhab
Kode Mata Kuliah : PAI.506
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : V (lima)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa memahami dengan baik tentang pendapat dan madzhab yang berkembang dalam hukum Islam untuk menumbuhkan sikap menghargai pendapat lain dan tidak fanatik buta dalam pendapat yang dianutnya.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Arti perbandingan madzhab, tujuan, dan ruang lingkup bahasan, Sebab-sebab timbulnya perbedaan pendapat dan pengaruh situasi dan tempat dalam menetapkan pendapat, Penyesuaian dan pembinaan pendapat yang berbeda, Perbedaan pendapat tentang hal yang membatalkan wudhu, baca fatihah dalam shalat, penentuan awal puasa dan waktu niat puasa, zakat tanaman non pangan, berzakat melalui badan amil, waktu melempar jumrah dalam haji, wali dalam akad nikah, kehadiran saksi dalam akad nikah, kesaksian dalam thalaq, kewarisan zul arham, minuman beralkohol non khamar.

Materi/Topik :
1. Arti perbandingan madzhab, tujuan, dan ruang lingkup bahasan
2. Sebab-sebab timbulnya perbedaan pendapat dan pengaruh situasi dan tempat dalam menetapkan pendapat
3. Penyesuaian dan pembinaan pendapat yang berbeda
4. Perbedaan pendapat tentang hal yang membatalkan wudhu
5. Perbedaan pendapat tentang kewajiban baca fatihah dalam shalat
6. Perbedaan pendapat tentang penentuan awal puasa dan waktu niat puasa
7. Perbedaan pendapat tentang zakat tanaman non pangan
8. Perbedaan pendapat tentang berzakat melalui badan amil
9. Perbedaan pendapat tentang waktu melempar jumrah dalam haji
10. Perbedaan pendapat tentang wali dalam akad nikah
11. Perbedaan pendapat tentang kehadiran saksi dalam akad nikah
12. Perbedaan pendapat tentang kesaksian dalam thalaq
13. Perbedaan pendapat tentang kewarisan zul arham
14. Perbedaan pendapat tentang minuman beralkohol non khamar

Buku Sumber :
1. Ibnu Rusyd, Bidayatul Mujtahid
2. Abdur Rahman al-Jaziri, Kitabul Fiqhi ala Madzhabil Arba'ah
3. Abu Zahrah, Muqaranatul Madzhahib.
12. Materi Pendidikan Fiqih di MTs
Nama Mata Kuliah : Materi Pendidikan Fiqih di MTs
Kode Mata Kuliah : PAI.602
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : VI (enam)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mengetahui dan mampu mengajarkan materi pendidikan Fiqih di MTs.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang: Pokok-Pokok bahasan materi Fiqih untuk siswa MTs yang meliputi tentang materi pokok, tujuan, metode pengajaran dan evaluasinya.

Materi/Topik :
1. Materi-materi bidang studi Fiqih untuk MTs.
2. Pokok bahasan materi Fiqih di MTs.
3. Tujuan Pembelajaran Fiqih di MTs.
4. Metode yang efektif dalam pembelajaran Fiqih di Mts.
5. Evaluasi pembelajaran bidang studi Fiqih di MTs.
6. Persiapan-persiapan secara administratif dalam pembelajaran Fiqih di MTs.
a. Program Tahunan
b. Program Semester
c. Silabus bidang studi Fiqih
d. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bidang studi Fiqih
7. Media pembelajaran bidang studi Fiqih di MTs.

Buku Sumber :
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MTs.
2. Fiqih MTs. oleh Drs. Ibrahim, Drs. H. Darsono.
3. Fiqih MTs. oleh Drs. Ahmad Mulyadi, S.Ag.
4. M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran.
5. Abdul Gofur, Desain Instruksional suatu Lankah Sistematis Penyusunan Pola Dasar KBN, 1989.
6. Arip Sardiman, Media Pendidikan, Jakarta, CV. Rajawali, 1990.

13. Materi Pendidikan Sejarah Islam di MTs
Nama Mata Kuliah : Materi Pendidikan Sejarah Islam di MTs
Kode Mata Kuliah : PAI.603
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : VI (enam)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mengetahui dan mampu mengajarkan materi pendidikan Sejarah Islam di MTs.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang: Pokok-Pokok bahasan materi Sejarah Islam untuk siswa MTs yang meliputi tentang materi pokok, tujuan, metode pengajaran dan evaluasinya.

Materi/Topik :
1. Materi-materi bidang studi Sejarah Islam untuk MTs.
2. Pokok bahasan materi Sejarah Islam di MTs.
3. Tujuan Pembelajaran Sejarah Islam di MTs.
4. Metode yang efektif dalam pembelajaran Sejarah Islam di Mts.
5. Evaluasi pembelajaran bidang studi Sejarah Islam di MTs.
6. Persiapan-persiapan secara administratif dalam pembelajaran Sejarah Islam di MTs.
a. Program Tahunan
b. Program Semester
c. Silabus bidang studi Sejarah Islam
d. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bidang studi Sejarah Islam
7. Media pembelajaran bidang studi Sejarah Islam di MTs.

Buku Sumber :
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MTs.
2. Sejarah Kebudayaan Islam untuk MTs. oleh Drs. Tatang Ibrahim, M.Pd.
3. Sejarah Kebudayaan Islam untuk MTs. oleh Ira Herawati, SH.I.
4. M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran.
5. Abdul Gofur, Desain Instruksional suatu Lankah Sistematis Penyusunan Pola Dasar KBN, 1989.
6. Arip Sardiman, Media Pendidikan, Jakarta, CV. Rajawali, 1990.

14. Materi Pendidikan Qur’an Hadits di MTs
Nama Mata Kuliah : Materi Pendidikan Qur’an Hadits di MTs
Kode Mata Kuliah : PAI.604
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : VI (enam)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mengetahui dan mampu mengajarkan materi pendidikan Qur’an Hadits di MTs.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang: Pokok-Pokok bahasan materi Qur’an Hadits untuk siswa MTs yang meliputi tentang materi pokok, tujuan, metode pengajaran dan evaluasinya.

Materi /Topik :
1. Materi-materi bidang studi Qur’an Hadits untuk MTs.
2. Pokok bahasan materi Qur’an Hadits di MTs.
3. Tujuan Pembelajaran Qur’an Hadits di MTs.
4. Metode yang efektif dalam pembelajaran Qur’an Hadits di Mts.
5. Evaluasi pembelajaran bidang studi Qur’an Hadits di MTs.
6. Persiapan-persiapan secara administratif dalam pembelajaran Qur’an Hadits di MTs.
a. Program Tahunan
b. Program Semester
c. Silabus bidang studi Qur’an Hadits
d. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bidang studi Qur’an Hadits
7. Media pembelajaran bidang studi Qur’an Hadits di MTs.

Buku Sumber :
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MTs.
2. Al-Qur’an dan Hadits untuk MTs. oleh Drs. Maman A. Djalil, M.Ag.
3. Al-Qur’an dan Hadits untuk MTs. oleh Anan Baihaqi, S.Ag.
4. M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran.
5. Abdul Gofur, Desain Instruksional suatu Lankah Sistematis Penyusunan Pola Dasar KBN, 1989.
6. Arip Sardiman, Media Pendidikan, Jakarta, CV. Rajawali, 1990.

15. Materi Pendidikan Aqidah Akhlak di MTs
Nama Mata Kuliah : Materi Pendidikan Aqidah Akhlak di MTs
Kode Mata Kuliah : PAI.605
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : VI (enam)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mengetahui dan mampu mengajarkan materi pendidikan Aqidah Akhlak di MTs.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang: Pokok-Pokok bahasan materi Aqidah Akhlak untuk siswa MTs yang meliputi tentang materi pokok, tujuan, metode pengajaran dan evaluasinya.

Materi/Topik :
1. Materi-materi bidang studi Aqidah Akhlak untuk MTs.
2. Pokok bahasan materi Aqidah Akhlak di MTs.
3. Tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs.
4. Metode yang efektif dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Mts.
5. Evaluasi pembelajaran bidang studi Aqidah Akhlak di MTs.
6. Persiapan-persiapan secara administratif dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs.
a. Program Tahunan
b. Program Semester
c. Silabus bidang studi Aqidah Akhlak
d. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bidang studi Aqidah Akhlak
7. Media pembelajaran bidang studi Aqidah Akhlak di MTs.


Buku Sumber
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MTs.
2. Aqidah Akhlak untuk MTs. oleh Drs. A.Wahid SY., M.Ag.
3. Aqidah Akhlak untuk MTs. oleh Iwan Ridhwan, S.Ag.
4. M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran.
5. Abdul Gofur, Desain Instruksional suatu Lankah Sistematis Penyusunan Pola Dasar KBN, 1989.
6. Arip Sardiman, Media Pendidikan, Jakarta, CV. Rajawali, 1990.

16. Materi Pendidikan Fiqih di MA
Nama Mata Kuliah : Materi Pendidikan Fiqih di MA
Kode Mata Kuliah : PAI.606
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : VI (enam)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mengetahui dan mampu mengajarkan materi pendidikan Fiqih di MA.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang: Pokok-Pokok bahasan materi Fiqih untuk siswa MA yang meliputi tentang materi pokok, tujuan, metode pengajaran dan evaluasinya.

Materi/Topik :
1. Materi-materi bidang studi Fiqih untuk MA.
2. Pokok bahasan materi Fiqih di MA.
3. Tujuan Pembelajaran Fiqih di MA.
4. Metode yang efektif dalam pembelajaran Fiqih di MA.
5. Evaluasi pembelajaran bidang studi Fiqih di MA.
6. Persiapan-persiapan secara administratif dalam pembelajaran Fiqih di MA.
a. Program Tahunan
b. Program Semester
c. Silabus bidang studi Fiqih
d. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bidang studi Fiqih
7. Media pembelajaran bidang studi Fiqih di MA.

Buku Sumber :
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MA.
2. M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran.
3. Abdul Gofur, Desain Instruksional suatu Lankah Sistematis Penyusunan Pola Dasar KBN, 1989.
4. Arip Sardiman, Media Pendidikan, Jakarta, CV. Rajawali, 1990.

17. Materi Pendidikan Sejarah Islam di MA
Nama Mata Kuliah : Materi Pendidikan Sejarah Islam di MA
Kode Mata Kuliah : PAI.607
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : VI (enam)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mengetahui dan mampu mengajarkan materi pendidikan Sejarah Islam di MA.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang: Pokok-Pokok bahasan materi Sejarah Islam untuk siswa MA yang meliputi tentang materi pokok, tujuan, metode pengajaran dan evaluasinya.

Materi/Topik :
1. Materi-materi bidang studi Sejarah Islam untuk MA.
2. Pokok bahasan materi Sejarah Islam di MA.
3. Tujuan Pembelajaran Sejarah Islam di MA.
4. Metode yang efektif dalam pembelajaran Sejarah Islam di MA.
5. Evaluasi pembelajaran bidang studi Sejarah Islam di MA.
6. Persiapan-persiapan secara administratif dalam pembelajaran Sejarah Islam di MA.
a. Program Tahunan
b. Program Semester
c. Silabus bidang studi Sejarah Islam
d. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bidang studi Sejarah Islam
7. Media pembelajaran bidang studi Sejarah Islam di MA.

Buku Sumber :
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MA.
2. Sejarah Islam MA.
3. M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran
4. Abdul Gofur, Desain Instruksional suatu Lankah Sistematis Penyusunan Pola Dasar KBN, 1989.
5. Arip Sardiman, Media Pendidikan, Jakarta, CV. Rajawali, 1990.

18. Materi Pendidikan Qur’an Hadits di MA
Nama Mata Kuliah : Materi Pendidikan Qur’an Hadits di MA
Kode Mata Kuliah : PAI.608
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : VI (enam)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mengetahui dan mampu mengajarkan materi pendidikan Qur’an Hadits di MA.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang: Pokok-Pokok bahasan materi Qur’an Hadits untuk siswa MA yang meliputi tentang materi pokok, tujuan, metode pengajaran dan evaluasinya.

Materi/Topik :
1. Materi-materi bidang studi Qur’an Hadits untuk MA.
2. Pokok bahasan materi Qur’an Hadits di MA.
3. Tujuan Pembelajaran Qur’an Hadits di MA.
4. Metode yang efektif dalam pembelajaran Qur’an Hadits di MA.
5. Evaluasi pembelajaran bidang studi Qur’an Hadits di MA.
6. Persiapan-persiapan secara administratif dalam pembelajaran Qur’an Hadits di MA.
a. Program Tahunan
b. Program Semester
c. Silabus bidang studi Qur’an Hadits
d. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bidang studi Qur’an Hadits
7. Media pembelajaran bidang studi Qur’an Hadits di MA.

Buku Sumber :
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MA.
2. Qur’an Hadits MA.
3. M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran
4. Abdul Gofur, Desain Instruksional suatu Lankah Sistematis Penyusunan Pola Dasar KBN, 1989
5. Arip Sardiman, Media Pendidikan, Jakarta, CV. Rajawali, 1990

19. Materi Pendidikan Aqidah Akhlak di MA
Nama Mata Kuliah : Materi Pendidikan Aqidah Akhlak di MA
Kode Mata Kuliah : PAI.609
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : VI (enam)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mengetahui dan mampu mengajarkan materi pendidikan Aqidah Akhlak di MA.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang: Pokok-Pokok bahasan materi Aqidah Akhlak untuk siswa MA yang meliputi tentang materi pokok, tujuan, metode pengajaran dan evaluasinya.

Materi/Topik :
1. Materi-materi bidang studi Aqidah Akhlak untuk MA.
2. Pokok bahasan materi Aqidah Akhlak di MA.
3. Tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlak di MA.
4. Metode yang efektif dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MA.
5. Evaluasi pembelajaran bidang studi Aqidah Akhlak di MA.
6. Persiapan-persiapan secara administratif dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MA.
a. Program Tahunan
b. Program Semester
c. Silabus bidang studi Aqidah Akhlak
d. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bidang studi Aqidah Akhlak
7. Media pembelajaran bidang studi Aqidah Akhlak di MA.

Buku Sumber :
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MA.
2. Aqidah Akhlak MA.
3. M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran.
4. Abdul Gofur, Desain Instruksional suatu Lankah Sistematis Penyusunan Pola Dasar KBN, 1989.
5. Arip Sardiman, Media Pendidikan, Jakarta, CV. Rajawali, 1990.

20. Filsafat Dasar PAI Luar Sekolah
Nama Mata Kuliah : Filsafat Dasar PAI Luar Sekolah
Kode Mata Kuliah : PAI.703
Jumlah SKS : 3
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : VII (tujuh)

Kompetensi Mata Kuliah :

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Dasar Pendidikan Luar Sekolah: Falsafah Pendidikan Luar Sekolah; Sistem Pembelajaran bagi Anak Usia Dini/ Prasekolah; Sistem Pembelajaran di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Masyarakat; Lembaga Life Skill; Kelompok belajar (kejar) Paket; Program Pendamping.

Materi/Topik :
1. Dasar Pendidikan Luar Sekolah
a. Sejarah dan perkembangan Pendidikan Luar Sekolah
b. Landasan Idiil PLS
c. Nama-nama lain PLS
d. Program Pembelajaran PLS
e. Keberadaan dan Kedudukan PLS
f. Pendidikan yang diharapkan masyarakat
g. Masa depan lembaga-lembaga PLS
2. Falsafah Pendidikan Luar Sekolah
a. Manusia dan pendidikan
b. Bentuk dan jenis pendidikan
c. Proses terbentuknya lembaga pendidikan sekolah
d. Persamaan antara PLS dan lembaga pendidikan sekolah
e. Perbedaan antara PLS dan lembaga pendidikan sekolah
3. Sistem Pembelajaran bagi Anak Usia Dini / Prasekolah
a. Proses, pelaksanaan program dan strategi pembelajaran di TKQ / TPQ
b. Proses, pelaksanaan program dan strategi pembelajaran di Raudlatul Athfal
4. Sistem Pembelajaran di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Masyarakat
Proses, pelaksanaan program dan strategi pembelajaran di Majlis Ta’lim

5. Sistem Pembelajaran di Lembaga Life Skill
Proses, pelaksanaan program dan strategi diklat penulisan / lukisan kaca kaligrafi
6. Sistem pendiidkan pada kelompok belajar (kejar) paket
a. Proses, pelaksanaan program dan strategi pembelajaran di Kejar Paket A setara SD
b. Proses, pelaksanaan program dan strategi pembelajaran di Kejar Paket B setara SMP
c. Proses, pelaksanaan program dan strategi pembelajaran di Kejar Paket B setara SMA
7. Sistem Pendidikan pada program pendampingan

Proses, pelaksanaan program dan strategi pembelajaran di Primagama/GEA/GEO

Buku Sumber :
1. Abdurrahman Assegaf, Pendidikan tanpa kekerasan, Tiara Wacana, Yogyakarta, 2004.
2. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Bumi Aksara, Jakarta, 1991.
3. Depag. RI., Pedoman Majlis Taklim, Binbaga, Jakarta, 1984
4. Harry Hikmat, Strategi Pembelajaran Masyarakat, Humaniora, Bandung, 2006.
5. Inayat Khan, Mendidik Sejak dari Kandungan hingga Dewasa, Marja, Bandung, 2007.
6. J. Drost, Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan, Grasindo, Jakarta, 1999.
7. Joyce, Bruce & Weil, Marsha, Models of Teaching, Prentice Hall, Inc, Englewood Cliff, New Jersey, 1988.
8. Krech, David, Individual in Society, Mc, Grow Hill Book, Company, Inc, NY, 1962.
9. Makagiansar, M., Education for All, Bulletin of the UNESCO Principle Regional Office for Asia and the Pasific , No. 30, Des, 1989.
10. Maurice, J. Elias, dkk, Cara-cara Efektif Mengasuh Anak dengan EQ, Kaifa, Bandung, 1999.
11. Mar’at, Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukurannya, Ghalia Indonesia, Bandung, 1982.
12. Morkidjat, Latihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Mandar Madju, Bandung, 1991.
13. Omi Intan Naomi, Menggugat Pendidikan : Fundamentalis, Konservatif, Liberal dan Anarkis, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1999.
14. Soeleman Yoesoef, Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah, Bumi Aksara, Jakarta, 1992.
15. Taqiyuddin, Pendidikan Agama Islam Luar Sekolah Teori dan Konsep, STAIN Press, Cirebon, 1998.
16. _________, Pendidikan untuk Semua Dasar dan Filsafat Pendidikan Luar Sekolah, Mulia Press, Bandung, 2008.
17. _________, Sejarah Pendidikan Melacak Geneologi Pendidikan Islam Indonesia, Mulia Press, Bandung, 2008.
18. _________, Pendidikan Berkelanjutan, Handout, STAIN, Cirebon, 2009.
19. Sujana, Djudju, Pendidikan Luar Sekolah: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah dan Teori Pendukung Asas, Nusantara Press, Bandung, 1992.
20. ________, Pengantar Manajemen Pendidikan Luar Sekolah, Nusantara Press, Bandung, 1992.
21. ________, Strategi Pembelajaran dalam Pendidikan Luar Sekolah, Nusantara Press, Bandung, 1993.
22. Sintong Silaban, dkk, Pendidikan Indonesia, Dasamedia, Jakarta, 1993.
23. UU. RI. No. 2 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
24. Jaudah Muhammad Ahwad, Mendidik Anak Secara Islami, Gema Insani Press, Jakarta, 1995.
25. Wahyudi dan Dwi Ratna Damayanti, Program Pendidikan untuk Anak Usia Dini di Pra Sekolah Islam, Grasindo, Jakarta, 2005.
26. Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Bigraf Publishing, Yogyakarta, 2000.

21. Kapita Selekta Pendidikan Islam
Nama Mata Kuliah : Kapita Selekta Pendidikan Islam
Kode Mata Kuliah : PAI.701
Jumlah SKS : 3
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester :

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa memahami kondisi-kondisi khusus umat Islam yang memerlukan pendidikan secara khusus yang berkaitan dengan upaya pendidikan di Indonesia (Daerah-daerah).

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Isue-isue pendidikan Islam di Indonesia, Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Tokoh-tokoh pendidikan Islam, Membangun Lembaga Pendidikan Islam Swasta, Islamic Studies di Negara Barat.

Materi/Topik :
1. Isue-isue pendidikan Islam di Indonesia
a. Pendidikan Islam pada sekolah umum
b. Pendidikan Islam pada madrasah
c. Pendidikan Islam dengan IPTEK
d. Pendidikan Islam dalam satu sistem pendidikan nasional
2. Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia
3. Tokoh-tokoh pendidikan Islam
4. Membangun Lembaga Pendidikan Islam Swasta
5. Islamic Studies di Negara Barat

Buku Sumber :
1. Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, Pustaka Al-Husna, Jakarta, 1986.
2. H.M. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan, CV. Toha Putra, Semarang, 1987.
3. M. Wasiullah Khan, Education and society in the Muslim World, King Abdul Aziz, University, Jeddah, 1981.


22. Psikologi Kepribadian
Nama Mata Kuliah : Psikologi Kepribadian
Kode Mata Kuliah : PAI.504
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKK
Jurusan : Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : V (lima)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang Ilmu Jiwa Kepribadian serta mampu menerapkannya dalam bidang-bidang pendidikan.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Konsep-konsep dasar Psikologi Kepribadian, Typologi kepribadian, Struktur kepribadian berdasarkan Psikologi Dalam, Teori kepribadian Kurt Lewin, Aliport, H.J. Eysenck, Raymon Cattell, Gardner Murphy, Konsep kepribadian dalam pandangan Islam.

Materi/Topik :
1. Konsep-konsep dasar Psikologi Kepribadian
2. Typologi kepribadian
3. Struktur kepribadian berdasarkan Psikologi Dalam
4. Teori kepribadian Kurt Lewin
5. Teori kepribadian Aliport
6. Teori kepribadian H.J. Eysenck
7. Teori kepribadian Raymon Cattell
8. Teori kepribadian Gardner Murphy
9. Konsep kepribadian dalam pandangan Islam

Buku Sumber :
1. Agus Suyanto, Halem Lubis, Taufiq Hadi, Psikologi Kepribadian, Jakarta, Bumi Aksara, 1991.
2. Soemardi Soerjabrata, Psikologi Kepribadian.
3. Staf Yayasan Loka Caraka, Tantangan Membina Kepribadian, Jakarta, Yayasan Kanisius, 1976.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 - Nur Cholis Suhaimi | Designed by Kent

Home | Kembali ke Atas