SILABUS MKDK TARBIYAH

                1.   Ilmu Pendidikan              
                2.   Adminstrasi Pendidikan
                3.   Filsafat Pendidikan
                4.   Sosiologi Pendidikan
                5.   Metodologi Penelitian Pendidikan
                6.   Statistik Pendidikan
                7.   Pembelajaran Multimedia
                8.   Model-model Pembelajaran
                9.   Perencanaan Pembelajaran
                10. Evaluasi Pembelajaran
                11. Etika Profesi Keguruan
                12. Psikologi Perkembangan
                13. Psikologi Belajar
                14. Analisis Peng. Kurikulum
                15. Hadits Tarbawi
                16. Tarfsir Tabawi

1. Ilmu Pendidikan
Nama Mata Kuliah : Ilmu Pendidikan
Kode Mata Kuliah : Tar.101
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : II (dua)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa memahami konsep-konsep dan teori-teori dalam mengembangkan ilmu pendidikan.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Pengertian dan faktor-faktor Pendidikan , Berbagai pandangan tetang Hakekat Manusia, Proses Komunikasi antara Pendidik dan Peserta Didik, Fungsi dan Peran Lembaga Pendidikan, Konsep Pendidikan Seumur Hidup dan Program-program Pendidikan, Pengaruh Timbal Balik antara Sekolah, Keluarga dan Masyarakat, Peranan Keluarga dan Masyarakat dalam Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, dan Inovasi Pendidikan.

Materi/Topik :
1. Pengertian dan faktor-faktor Pendidikan
1. Pengertian Pendidikan
2. Faktor-faktor Pendidikan
2. Berbagai pandangan tentang Hakekat Manusia dan Pendidikan
1. Aliran Empirisme
2. Aliran Nativisme
3. Aliran Konvergensi
4. Aliran Naturalisme
5. Aliran Idealisme
3. Proses Komunikasi antar Pendidikan dan Peserta Didik
1. Proses Komunikasi Pendidikan melalui materi Kurikulum, Metode dan Tujuan
2. Penerapan berbagai Teori Belajar Mengajar
3. Perumusan Teksonomi Tujuan Pendidikan
4. Fungsi dan Peran Lembaga Pendidikan
1. Fungsi Pendidikan
2. Fungsi dan Peranan Lembaga Pendidikan
5. Konsep Pendidikan Seumur Hidup dan program-program Pendidikan
1. Konsep Pendidikan Seumur Hidup
2. Implikasi Konsep Pendidikan Seumur Hidup dan Program-Program Pendidikan
3. Perbedaan antara Pendidikan Informal, Formal dan non Formal
4. Pengaruh Timbal Balik antara Keluarga, Sekolah dan Masyarakat
6. Peranan Keluarga dan Masyarakat dalam Pendidikan
1. Peranan Keluarga dalam Pendidikan
2. Peranan Masyarakat dalam Pendidikan
7. Sistem Pendidikan Nasional
1. Pengertian Sistem
2. Pendidikan sebagai suatu Sistem
3. Pengertian Pendidikan Nasional
4. Pendidikan Nasional sebagai suatu Sistem
5. Dasar dan tujuan Pendidikan Nasional
6. Unsur-unsur Pokok dan Azas-azas Pelaksanaan Pendidikan Nasional.
7. Fungsi Pendidikan Nasional
8. Kelembagaan, program dan Pengelolaan Pendidikan
8. Inovasi Pendidikan
1. Pengertian Inovasi Pendidikan
2. Latar Belakang Inovasi Pendidikan
3. Tujuan Inovasi Pendidikan
4. Sasaran Inovasi Pendidikan

Buku Sumber :
1. Prof. Dr. Hasan Langgulung, "Manusia dan Pendidikan"Suatu Analisa Penerbit : Pustaka al-Husna, Jakarta, 1986.
2. Prof. Dr. Sutari Imam Barnabib, Ilmu Pendidikan Sistimatis", Fakultas Ilmu Pendidikan Yogyakarta, 1987.
3. Drs. M. Ngalim Purwanto, M.Pd., Ilmu pendidikan Teoritis dan Praktis, CV. Remaja Karya, 1987.
4. Prof. DR. H. Moh. Said, Ilmu Pendidikan, Bandung : Alumni, 1985.
5. Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.
6. Drs. H. Fuad Ihsan, Dasar-dasar Kependidikan, Rineka Cipta, 1997.
7. Peraturan Pemerintah N0.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
8. Permen Diknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

2. Adminstrasi Pendidikan
Nama Mata Kuliah : Adminstrasi Pendidikan
Kode Mata Kuliah : Tar.102
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : IV (empat)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu memahami administrasi pendidikan serta terampil dalam menerapkan di lembaga pendidikan.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Pengertian, dasar-dasar dan tujuan serta ruang lingkup administrasi dan manajemen pendidikan, Pengertian manajemen pendidikan, keterkaitan antara administrasi pendidikan dengan manajemen pendidikan, Komponen aturan, mekanisme dan tata kerja kelembagaan pendidikan, Fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai administrator dan supervisor dalam pendidikan, Undang-undang pokok kepegawaian dan kode etik tenaga keguruan, Kepengawasan Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan, School Public Relation, Adminsitrasi dan ketatausahaan sekolah.

Materi/Topik :
1. Pengertian, dasar-dasar dan tujuan serta ruang lingkup administrasi dan manajemen pendidikan
2. Pengertian manajemen pendidikan
3. Keterkaitan antara administrasi pendidikan dengan manajemen pendidikan
4. Komponen aturan, mekanisme dan tata kerja kelembagaan pendidikan,
5. Fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai administrator dan supervisor pendidikan
6. Undang-undang pokok kepegawaian dan kode etik tenaga keguruan
7. Kepengawasan pendidikan
8. Kepemimpinan pendidikan
9. School Public Relation
10. Adminsitrasi dan ketatausahaan sekolah

Buku Sumber :
1. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Rosdakarya, Bandung, 2003.
2. Oteng Sutisna, Administrasi Pendidikan, Angkasa Bandung, 1993
3. Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Rosdakarya, Bandung, 2007.
4. Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, Rosdakarya, Bandung, 2006.
5. UU dan Permen tentang Pendidikan, Depag RI, 2006.
6. H.A.R. Tilaar, Manajemen Pendidikan Nasional, Rosdakarya, Bandung 1994.
7. Permendiknas No 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
8. Permendiknas No 24 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.


3. Filsafat Pendidikan

Nama Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan
Kode Mata Kuliah : Tar.103
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Semester : III (tiga)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai perkembangan pemikiran tentang paradigma pendidikan serta implikasinya terhadap metode pembelajaran.

Deskripsi Mata Kuliah :
Matakuliah ini mengkaji tentang perkembangan paradigma pendidikan, pendekatan-pendekatan pembelajaran, implikasi paradigma dan pendekatan terhadap metode pembelajaran dan strategi pembelajaran

Materi/Topik :
1. Pengertian dan ruang lingkup filsafat pendidikan
2. Aliran Filsafat Pendidikan Idealisme dan realisme
3. Aliran Filsafat Pendidikan Scholastisme
4. Aliran Filsafat Pendidikan Empirisme
5. Aliran Filsafat Pendidikan Pragmatisme
6. Aliran Filsafat Pendidikan Neopositivisme
7. Paradigma Pendidikan Metode Pedagogi, Andragogi, dan Dialogis

Buku Sumber :
1. Redja Mdyahardjo.(2001).Filsafat Ilmu Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
2. Mansour F, dkk. (2001). Pendidikan Popular. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.


5. Sosiologi Pendidikan
Nama Mata Kuliah : Sosiologi Pendidikan
Kode Mata Kuliah : Tar.104
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : III (tiga)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa diharapkan dapat menganalisis dan menyimpulkan perkembangan pendidikan berdasarkan sudut pandang sosiologi antropologi pendidikan.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini banyak memiliki keterkaitan dengan disiplin ilmu sosiologi di satu sisi, dan disiplin ilmu pendidikan di sisi lain. Mata kuliah Sosiologi Antropologi Pendidikan termasuk ke dalam applied sociology (sosiologi terapan ).
Mata kuliah ini dapat mengasah kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik, untuk dapat menganalisa, mensintesa dan mengevaluasi topik-topik di sekitar sejarah, pengertian dan ruang lingkup sosiologi antropologi pendidikan, wawasan teoretik sosiologi antropologi pendidikan, kontribusi sosiologi antropologi pada dunia pendidikan, fungsi pendidikan dari kaca mata sosiologis antropologis, pendidikan dan perubahan sosial, sekolah berbagai organisasi birokrasi, keluarga dan sosialisasi, kelompok sebaya dan sosialisasi, sekolah dan sosialisasi, gender dan sosialisasi, pendidikan orang dewasa, trend homescholling bagi masyarakat Indonesia, pendidikan dan masyarakat serta pendidikan dan tatanan sosial.

Materi/Topik :
1. Pengertian dan ruang lingkup sosiologi antropologi pendidikan
2. Peran dan fungsi sosiologi dalam pendidikan
3. Sekolah sebagai tempat perubahan sosial
4. Kelompok atau lembaga sosial
5. Pedagogi dalam pandangan sosiologis
6. Andragogi dalam pandangan sosiologis antropologis
7. Hakekat pendidikan dalam pandangan kritis
8. Trend pendidikan modern: home schooling, sekolah alam
9. Pendidikan, masyarakat dan tatanan sosial

Buku Sumber :
1. Kamanto Sunarto, Pengantar Sosiologi, Lembaga Penerbit fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta, 2000.
2. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt, Sosiologi, Erlangga, Jakarta, 1996.
3. Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1999.
4. Sanapiah Faisal dan Nur Yasik, Sosiologi Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya, tt.
5. Sudardja Adiwikarta, Sosiologi Pendidikan : Isyu dan Hipotesis tentang Hubungan.
6. Pendidikan dan Masyarakat, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 1998.
7. John Vaizey, Pendidikan di Dunia Modern, Gunung Agung, Jakarta, 1987.
8. William J. Goode, Sosiologi Keluarga, Bumi Aksara, Jakarta, 1995
9. St. Vembriarto, Sosiologi Pendidikan, Andi Offset, Jogjakarta, 1990.
10. Philip Robinson, Beberapa Perspektif Sosiologi Pendidikan (Penerjemah Hasan Basari), Jakarta, Rajawali Pers.
11. Nassarudin Umar, Argumen Kesetaraan Jender : Persepektif Al Qur’an, Paramadina, Jakarta, 1999.

5. Metodologi Penelitian Pendidikan
Nama Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Pendidikan
Kode Mata Kuliah : Tar.105
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : VI (enam)
Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa memiliki pengetahuan dan ketrampilan melaksanakan penelitian dalam bidang kependidikan

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Pengenalan, Pengertian, hakikat penelitian ilmiah dan metode penelitian, Penelitian kualitatif dan kuantitatif, Identifikasi masalah dan perumusan masalah, judul penelitian, Studi pendahuluan penelaahan teori, Rancangan penelitian, Populasi, sampel dan variabel, Instrumen dan teknik pengumpulan data, Pengolahan data dan pengujian hipotesa, Penulisan laporan penelitian.

Materi/Topik :
1. Pengenalan (disajikan dengan contoh penelitian sederhana)
2. Pengertian tentang hakikat penelitian ilmiah dan metode penelitian
3. Penelitian kualitatif dan kuantitatif
4. Identifikasi masalah dan perumusan judul penelitian (termasuk tujuan dan hipotesis)
5. Studi pendahuluan penelaahan teori
6. Rancangan penelitian (disain)
7. Populasi, sampel dan variabel
8. Instrumen dan teknik pengumpulan data
9. Pengolahan data dan pengujian hipotesa
10. Penulisan laporan penelitian

Buku Sumber :

1. Mohammad Ali, Penelitian Kependidikan : Prosedur dan Strategi, Bandung, Penerbit Angkasa, 1985.
2. Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian, Jakarta, Penerbit CV. Rajawali, 1989.
3. Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Jilid I dan II, Yogyakarta, Yayasan Penerbit UGM, 1988.
4. Masri Singarimbun, Pedoman Praktis Membuat Usul-Usul Proyek Penelitian, Yogyakarta, Lembaga Kependudukan UGM, 1976.
5. Nugroho, W.H. 1992. Teknik Penarikan Sampel: Teori dan Aplikasinya. Brawijaya, Press..
6. Mardalis, 1989. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara, Jakarta.
7. Nasir, M. 1988. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.
8. Singarimbun, M dan Effendi, S. 1989. Metode Penelitian Survai. LP2ES, Jakarta.
9. Koentjaraningrat, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta, Gramedia, 1982.
10. David J. Fox, Research Process in Education, New York, Holt, Rinehart and Winston, Inc, 1969.

6. Statistik Pendidikan
Nama Mata Kuliah : Statistik Pendidikan
Kode Mata Kuliah : Tar.106
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : III (tiga)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa memiliki pengertian aplikasi statistik untuk pendidikan, metode deskriptif, deverensial dan mampu menerapkan konsep-konsep statistik pendidikan.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Konsep-konsep dasar statistik, Sari numerik, Diagram batang dan lingkaran, Teori peluang, Uji hipotesis regresi, Transformasi rancangan percobaan non parametrik, Masalah distribusi frekuensi : Tabel 1 arah, tabel 2 arah, Masalah rata-rata (mean) dan standar deviasi, Masalah penyebaran data, Teknik analisis korelasi, Test non parametrik (berikut penggunaan Test "t" dan test "chi kuadrat", Contoh-contoh penggunaan test "t" dan test "chi kuadrat", Penyelesaian masalah dengan menggunakan program komputer.

Materi/Topik :
1. Konsep-konsep dasar statistik
2. Sari numerik
3. Diagram batang dan lingkaran
4. Teori peluang
5. Uji hipotesis regresi
6. Transformasi rancangan percobaan non parametrik

7. Masalah distribusi frekuensi : Tabel 1 arah, tabel 2 arah
8. Masalah rata-rata (mean) dan standar deviasi
9. Masalah penyebaran data
10. Teknik analisis korelasi
11. Test non parametrik (berikut penggunaan Test "t" dan test "chi kuadrat"
12. Contoh-contoh penggunaan test "t" dan test "chi kuadrat"
13. Penyelesaian masalah dengan menggunakan Program komputer

Buku Sumber :
1. Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta, Rajawali Pers, 1989.
2. Hasan Langgulung, Statistik dalam Psikologi Pendidikan, Jakarta, Pustaka Antara, 1983.
3. John W. Best, Metodologi Penelitian Pendidikan, Disunting oleh Sanafiah Faisal dan Mulyadi Guntur Waseso, Surabaya, Usaha Nasional, 1982.
4. Erickson, Nosanchok (trj. Sembiring), Memahami Data, LP3ES, 1983.
5. Walpole, Miere, (trj. Sembiring), Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan, Penerbit ITB, 1985.
6. Daniel Biostatistik, a Pondation for Analisis in the Heralth Scies, John Wiley, 1976.
7. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Statistik Non Parametrik.
8. Win Van Zanten, Statistik untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta : PT. Gramedia, 1980.
9. Donald J. Ary et. Al. Introduction to Research in Education, New York, Holt Rinehart and Wiston, inc, 1972.

7. Pembelajaran Multimedia
Nama Mata Kuliah : Pembelajaran Multimedia
Kode Mata Kuliah : 107
Jumlah SKS : 2
Komponen : Wajib
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester :
Kompetensi Mata Kuliah :

Mahasiswa memiliki pengetahuan praktis tentang cara-cara merencanakan dan merancang permbuatan media pendidikan yang sederhana dan murah tetapi memberikan manfaat yang tinggi bagi peningkatan efektifitas pendidikan.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Pemahaman tentang fungsi media pendidikan, Kriteria pemilihan media, Pengenalan berbagai media di lingkungan sekolah, Pengenalan berbagai media elektronik, Pembuatan media pendidikan sederhana, Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar, Latihan memilih dan memanfaatkan media

Materi/Topik :
1. Pemahaman tentang fungsi media pendidikan
2. Kriteria pemilihan media
3. Pengenalan berbagai media di lingkungan sekolah
4. Pengenalan berbagai media elektronik
5. Pembuatan media pendidikan sederhana
6. Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar
7. Latihan memilih dan memanfaatkan media
8. Integrasi perangkat lunak (Powerpoint )
9. e-Learning

Buku Sumber :
1. Arif Sadiman, dkk, Media Pendidikan, Jakarta, CV Rajawali, 1990.
2. Yusuf Hadi Miarso, Media Instruksional, Jakarta, Pusat TKPK, Depdikbud, 1985.
3. Ronald H. Anderson, Selecting and Developing Media for Instruction, ASTD Medison, Wisconsin, 1976.
4. NAWA, The Audio Visual Directory, Fairfax, Virginia, 1981.
5. Jerod E. Kemp, Planning and Producing Audiovisual Materials, 1975.
6. Tjandra Gozali, Seri Audio, Video 3, Cassette Deck (Cassette deck, aplifier, Loudspeaker) Jakarta, Sinar Harapan, 1983.
7. Anderson, R.H.. 1987. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakaita: Rajawali Pers.
8. Locatis, C.N dan Atkinson, F.D.. 1984. Media and Technology for Education and Training. Ohio: Bell & Howell Company.
9. Kemp, J.E. dan Dayton, O.K.. 1985. Planning and Producing Instuctional Media. New York: harper & Row Publisher, Inc.

8. Model-model Pembelajaran
Nama Mata Kuliah : Model-model Pembelajaran
Kode Mata Kuliah : Tar.108
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : IV (empat)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa diharapkan dapat menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan peserta didik di tingkat satuan pendidikannya.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini membahas berbagai jenis-jenis model pembelajaran yaitu rumpun model-model pengolahan informasi, model-model pribadi/individu, model-model sosial, dan model-model perilaku. Kajian utama mata kuliah ini lebih ditekankan pada model-model pembelajaran yang sesuai untuk pendidikan matematika yaitu model pembelajaran pengolahan informasi, model pembelajaran inkuiri reflektif, model pembelajaran konstruktivisme, model pembelajaran cooperative learning, model pembelajaran kontekstual learning, model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran open-ended, dan model pengembangan keterampilan berpikir

Materi/Topik :
1. Pengertian dan ruanglingkup model-model pembelajaran
2. Model pengolahan informasi dan implikasinya
3. Model inkuiri dan implikasinya
4. Model kontekstual learning dan implikasinya
5. Model PBL dan implikasinya
6. Model Open-ended dan implikasinya
7. Model ketrampilan berpikir dan implikasinya
8. Studi-studi kasus

Buku Sumber :
1. Joyce, Weil, and Showers, 1992, Models of Teaching, Fourth Edition, Boston : Allyn and Bacon
2. Suparno, Paul, 1997, Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan, Yogyakarta : Penerbit Kanisius
3. Skripsi-skripsi terkait

9. Perencanaan Pembelajaran
Nama Mata Kuliah : Perencanaan Pembelajaran
Kode Mata Kuliah : Tar.109
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : III (tiga)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa diharapkan terampil dalam menyusun administrasi pembelajran dan rencana pelaksanaan pembelajaran guru sesuai dengan aturan yang ada.

Deskripsi Mata Kuliah :
Dalam perkuliahan ini akan dikaji tentang penyusunan program tahunan, program semester, Kriteria ketuntasan belajar, cara penyusunan silabus dan rencana pelaksanan pembelajaran.

Materi/Topik :
1. Administrasi pembelajaran guru
2. KTSP
3. Program tahunan dan semester
4. Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar SD, SMP, dan SMA
5. Kriteria Ketuntasan minimal
6. Penyusunan RPP
7. Studi-studi kasus.

Buku Sumber :
1. Diknas, (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Diknas: Jakarta.
2. Desain Instructional. Dick & Carrey.
3. Desain Instruksional. Atwi Suparman.
4. Taksonomi Variabel. Sudana Degeng.

10. Evaluasi Pembelajaran

Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran
Kode Mata Kuliah : Tar.110
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : Statistik Dasar & Pendidikan
Semester : V (lima)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa menyusun alat Evaluasi, menggunakannya dan menganalisis hasil sebagai umpan balik untuk peningkatan pembelajaran.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Pengertian evaluasi, manajemen, kedudukan evaluasi dalam sistem evaluasi pembelajaran, Fungsi, tujuan dan kegunaan evaluasi pembelajaran, Jenis, syarat-syarat alat evaluasi pembelajaran, Langkah-langkah penyusunan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran, Pembuatan kisi-kisi (tabel spesifikasi), Pemberian score, verifikasi dan standar penilaian (PAP dan PAN), Konversi Nilai I (Norma relatif dan basolut dan kombinasi), Konversi Nilai II (Skala 5, skala 9, skala 11, skala 100 dan Z-score), Validitas rest, reliabilitas tes, tes buatan guru dan tes standar, Taraf kesukaran tes dan daya pembeda sebuah tes,Mencari mean kelompok, mean mata pelajaran, standar deviasi dan penetapan rangking siswa di kelas, Analisis hasil evaluasi dan pengembangannya.

Materi/Topik :
1. Pengertian evaluasi pembelajaran, manajemen, kedudukan evaluasi dalam sistem pembelajaran dan sistem evaluasi,
2. Fungsi, tujuan dan kegunaan evaluasi pembelajaran
3. Jenis, syarat-syarat evaluasi pembelajaran
4. Teknik evaluasi pembelajaran
5. Langkah-langkah penyusunan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran
6. Pembuatan kisi-kisi (tabel spesifikasi)
7. Pemberian score, verifikasi dan standar penilaian (PAP dan PAN)
8. Konversi Nilai I (Norma relatif dan basolut dan kombinasi)
9. Konversi Nilai II (Skala 5, skala 9, skala 11, skala 100 dan Z-score)
10. Validitas rest, reliabilitas tes, tes buatan guru dan tes standar
11. Taraf kesukaran tes dan daya pembeda sebuah tes
12. Mencari mean kelompok, mean mata pelajaran, standar deviasi dan penetapan rangking siswa di kelas
13. Analisis hasil evaluasi dan pengembangannya

Buku Sumber :
1. M. Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
2. Suharsimi Arikunto, Perkembangan Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bina Aksara, 1989.
3. Nana Sujana, Penilaian Hasil Proses Belajara Mengajar, Bandung, Remaja Rosdakaraya.
4. Wayan Nurkencana, dkk, Evaluasi Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional, 1986.
5. Suke Silverius, Evaluasi dan Umpan Balik, Jakarta, Rasindo, 1990
6. Norman E. Grondlund, Constructing Achievement Test, New York, Macmillan.
7. Yulian C. Stanley dan Kenneth D. Hophin, Educational and Psychological Measurement and Evaluation.
8. Hasan Mustafa, Ijtihad fi Idarah al-Madaniyah.
9. Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Bagian Teknik Evaluasi.
10. Norman E. Grondlund, Measuremen and Evaluation in Teaching, New York, Macmillan.


11. Etika Profesi Keguruan
Nama Mata Kuliah : Etika Profesi Keguruan
Kode Mata Kuliah : Tar.111
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : II (dua)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa dapat menunjukkan perilaku dan performance sesuai dengan kode etik guru berdasarkan peraturan tertulis ataupun peraturan tidak tertulis.

Deskripsi Mata Kuliah :
Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui dan memahami tentang kode etik guru sebagai tenaga profesional. Mata kuliah ini mengkaji tentang Pendidik dan tenaga kependidikan, status, tugas, tanggungjawab dan peran guru, profil, profesi dan profesionalisme tenaga kependidikan, kode etik guru Indonesia, kompetensi guru.

Materi/Topik :
1. Pendidik da tenaga kependidikan
2. Tugas , tanggung jawab dan peran guru
3. Profil, profesi dn profesionalisme guru
4. Pengembangan profesi sebagai tenaga pendidik
5. Guru sebagai jabatan profesional
6. Kompetensi dan pengembangan kompetensi guru
7. Kode etik guru

Buku Sumber :
1. Dirjen Pendis Depag RI, Undang-undang dan Peraturan Pemerintah.
2. Undang-undang Sisdiknas.
3. Undang-undang Guru dan Dosen.
4. A. Samaun, Profesionalisme Keguruan, Kanisius:Yogyakarta
5. Sulai Imam B. Pengantar Imu Pendidikan Sistematis, IKIP Yogyakarta, 1987.
6. Sahertian A.P. Profil Pendidik Profesional,Andi Offset: Yogyakarta
7. M.I. Sulaeman, Menjadi Guru : Suatu Pengantar kepada Menjadi Guru, CV:Diponegoro, 1985.
8. Membangun Profesi Guru dan Pengawas, Yrama Widya, 2007.
9. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, 2002.


12. Psikologi Perkembangan
Nama Mata Kuliah : Psikologi Perkembangan
Kode Mata Kuliah : Tar.112
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : I (satu)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan membedakan karakteristik perkembangan anak terkait dengan mental, emosi, dan fisik.

Deskripsi Mata Kuliah :
Matakuliah ini mengkaji tentang pengertian, sejarah dan ruang lingkup psikologi, metodologi psikologi perkembangan, aspek-aspek perkembangan, aspek-aspek kejiwaan, periode perkembangan.

Materi/Topik :
1. Pengertian dan ruang lingkup psikologi
2. Sejarah dan metode studi psikologi perkembangan
3. Hakekat, teori dan hukum perkembangan
4. Faktor, tugas dan periodisasi perkembangan
5. aspek kejiwaan manusia dan perkembangannya
6. Periodisasi dan karakteristik kehidupan manusia

Buku Sumber :
1. Abin Syamsudin, Psikologi Kependidikan.
2. Alizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembangan.
3. F.J. Monk, Psikologi Perkembangan.
4. George Boeree, Dasar-dasar Psikologi.


13. Psikologi Belajar
Nama Mata Kuliah : Psikologi Belajar
Kode Mata Kuliah : Tar.113
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : I (satu)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang hakekat Kurikulum pendidikan agama Islam dan proses pengembangannya serta ketrampilan menelaah kurikulum berdasarkan pendekatan sistem.


Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mengkaji pandangan ahli tentang psikologi belajar, seperti perkembangan kognitif, perkembangan emosional, perkembangan pribadi dan sosial beserta karakteristik-karakteristiknya yang berkaitan dengan perbedaan intelegensi antar individu, tipe dan gaya belajar anak. psikologi belajar matematika, teori-teori belajar matematika, perkembangan manusia, kemampuan dan intelegensia, kematangan belajar dan kesulitan belajar.

Materi/Topik :
1. Teori integelensia dan perkembangan mental
2. Teori Brunner, Zoltan Dienes, Piaget,
3. Teori Van Hile, Teori Gagne dan Skinner
4. Kematangan belajar
5. Kesulitan belajar
6. Teori perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik.

Buku Sumber :
1. Anita E.(1995). Educational Psychology. Sixth edition. USA:Allyn and Bacon.
2. Bishop, etc.(1996). International Handbook of matgematics Education. Boston:Kluwer Academic Publishers.
3. Posamentier, A.S and Stepelmen,J.(1990). Teaching Secondary School Mathematics. Coulombus:Merril Publishing Company.


14. Analisis Peng. Kurikulum
Nama Mata Kuliah : Analisis Peng. Kurikulum
Kode Mata Kuliah : Tar.114
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : IV (empat)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa diharapkan dapat membedakan dan menjelaskan landasan dan jenis model-model pengembangan kurikulum.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep pengertian kurikulum dan landasan pengembangan kurikulum, komponen dan jenis kurikulum, analisis dan model kurikulum, evaluasi kurikulum, Analisis KTS.

Materi/Topik :
1. Kurikulum dan pengembangannya
2. Kurikulum dan komponennya
3. Anaisis model-model kurikulum
4. Evaluasi kurikulum
5. Analisis KTSP mata pelajaran matematika
6. Kedudukan kurikulum dalam proses pendidikan

7. Komponen-komponen kurikulum
8. Jenis-jenis kurikulum (Child centered, society centered)
9. Analisis sistem dalam pengembangan kurikulum
10. Langkah-langkah dalam pengembangan kurikulum
11. Model-model dalam pengembangan kurikulum
12. Kriteria untuk mengevaluasi kurikulum.

Buku Sumber :

1. Conny Setiawan, Pengembangan Kurikulum 1984, Latar Belakang dan Implikasinya, 1985.
2. Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama, Kurikulum MTsN, 1994.
3. Ansyar, M.(1989). Dasar-dasar Pegembangan Kurikulum. P2LPTK
4. Hilada Taba.(1962). Curiculum Development Theory and Practice. New York: Harcourt & Brace World.Inc.
5. DIKNAS. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.


15. Hadits Tarbawi
Nama Mata Kuliah : Hadits Tarbawi
Kode Mata Kuliah : Tar.116
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : I (satu)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa memahami dan menghayati petunjuk-petunjuk Nabi Muhammad berkenaan dengan aspek keimanan, keikhlasan dan tingkah laku manusia muslim, baik dalam kapasitas mereka sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial melalui proses pendidikan.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Iman, Islam, dan Ihsan, pengertian dan indikasi-indikasinya, Nilai Keikhlasan dalam beramal dan istiqamah dalam perbuatan, Tingkah laku terpuji dan tercela dan implikasinya dalam proses pendidikan, Upaya pemeliharaan diri melalui pentingnya kesehatan, Ukhuwah Islamiyah dalam perspektif pendidikan Islam, Dorongan mempelajari dan mengajarkan al-Qur'an serta dorongan dan tanggung jawab menuntut pengetahuan, Dorongan untuk mencari rezeki yang halal, Penanaman rasa kepedulian sosial, Surga dan neraka adalah pilihan, akibat perbuatan makhluk sebagai proses hukuman ilmu pengetahuan, Pengamalan ibadah shalat, zakat, dan sedekah, puasa dan haji sebagai konsep pengamalan ilmu pengetahuan, Amr Ma'ruf nahyi munkar harus menjadi suri tauladan dari setiap individu terhadap orang lain, Pendidikan keluarga, dengan perkawinan sebagai proses awal pembentukan suatu keluarga, Tradisi yang baik sebagai warisan pengetahuan sebagai generasi yang akan datang dalam suatu masyarakat, Istiqamah dalam memperjuangkan kebenaran dan bentuk-bentuk perjuangan (jihad) dalam kebenaran.

Materi/Topik :
1. Iman, Islam, dan Ihsan, pengertian dan indikasi-indikasinya
2. Nilai Keikhlasan dalam beramal dan istiqamah dalam perbuatan
3. Tingkah laku terpuji dan tercela dan implikasinya dalam proses pendidikan
4. Upaya pemeliharaan diri melalui pentingnya kesehatan
5. Ukhuwah Islamiyah dalam perspektif pendidikan Islam
6. Dorongan mempelajari dan mengajarkan al-Qur'an serta dorongan dan tanggung jawab menuntut pengetahuan
7. Dorongan untuk mencari rezeki yang halal
8. Penanaman rasa kepedulian sosial
9. Surga dan neraka adalah pilihan, akibat perbuatan makhluk sebagai proses hukuman ilmu pengetahuan
10. Pengamalan ibadah shalat, zakat, dan sedekah, puasa dan haji sebagai konsep pengamalan ilmu pengetahuan
11. Amr Ma'ruf nahyi munkar harus menjadi suri tauladan dari setiap individu terhadap orang lain
12. Pendidikan keluarga, dengan perkawinan sebagai proses awal pembentukan suatu keluarga
13. Tradisi yang baik sebagai warisan pengetahuan sebagai generasi yang akan datang dalam suatu masyarakat
14. Istiqamah dalam memperjuangkan kebenaran dan bentuk-bentuk perjuangan (jihad) dalam kebenaran.

Buku Sumber :
1. Muhammad Fuad Abdu al-Baqri, al-Lu'lu' wa al-Marjan
2. Al-Nawawi, Riyadh al-Shalihin
3. Abdul Aziz al-Khuli al-Adab al-Nabawi
4. Ibnu Hajar al-Asqalani, Fath al-Bari
5. Al-Nawawi, Syarh Muslim
6. Muhammad bin Allan al-Shiddiq, Dalil al-Farihin
7. Mansur Ali Nashif, al-Taj al-Jami li al Ushul fi Ahaditsi al-Rasul

16. Tarfsir Tabawi
Nama Mata Kuliah : Tarfsir Tabawi
Kode Mata Kuliah : Tar.116
Jumlah SKS : 2
Komponen : MKDK
Mata Kuliah Prasyarat : -
Semester : II (dua)

Kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu menghafalkan, memahami dan menerapkan dalam kehidupan ayat-ayat yang berkenaan dengan manusia, Agama dan pendidikan.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Al-Qur'an sebagai pedoman hidup manusia (muslim), Tujuan Hidup Manusia, Keunggulan manusia dari makhluk lainnya, Kelemahan manusia, Percaya diri dan tidak putus asa, Hukum Sejarah dan perubahan sosial, Kewajiban belajar mengajar, Tujuan Pendidikan, Subyek pendidikan, Objek Pendidikan, Metode Pengajaran.

Materi/Topik :
1. Al-Qur'an sebagai pedoman hidup manusia (muslim)
- Q.S. al-An'am (6) ayat 91 - 92
- Q.S. al-Baqarah (2) ayat 1 – 5, 97
- Q.S. Ali Imran (3) ayat 7 dan 167
- Q.S. al-Isra (17) ayat 9 dan 82

2. Tujuan Hidup Manusia
- Q.S. al-Dzariyat ayat 51 dan 56
- Q.S. al-Baqarah (2) ayat 200, 201, 207 - 209
- Q.S. al-Mu'minun (23) ayat 115 - 116

3. Keunggulan manusia dari makhluk lainnya
- Q.S. al-Baqarah (2) ayat 30 - 39
- Q.S. al-Isro (17) ayat 70
- Q.S. al-Rad (13) ayat 11

4. Kelemahan manusia
- Q.S. al-Maarij (70) ayat 19 - 27
- Q.S. al-Rum (30) ayat 54
- Q.S. al-Ahzab (33) ayat 72
- Q.S. al-Balad (190) ayat 4 - 8
- Q.S. al-Nisa (4) ayat 28 – 29

5. Percaya diri dan tidak putus asa
- Q.S. al-Baqarah (2) ayat 223
- Q.S. al-Zalzalah (99) ayat 1 - 8
- Q.S. Ali Imran (3) ayat 82
- Q.S. Yusuf (12) ayat 87
- Q.S. Al-Hijr (15) ayat 52 - 56

6. Hukum Sejarah dan perubahan sosial
- Q.S. al-Isra (17) ayat 76 - 77
- Q.S. al-Ahzab (33) ayat 38 dan 62
- Q.S. al-Fathir (35) ayat 43
- Q.S. al-Maidah (5) ayat 78 - 81
- Q.S. al-Anfal (8) ayat 53
- Q.S Muhammad (47) ayat 38

7. Kewajiban belajar mengajar
- Q.S. al-Alaq (96) ayat 1 - 5
- Q.S. al-Ghasyiyah ayat 88
- Q.S. Ali Imran (3) ayat 190 - 191
- Q.S. al-Taubah (9) ayat 122
- Q.S. al-Ankabut (29) ayat 19 - 20

8. Tujuan Pendidikan
- Q.S. Ali Imran (3) ayat 138 - 139
- Q.S. al-Fath (48) ayat 29
- Q.S. al-Hajj (22) ayat 41
- Q.S. al-Zariyat (51) ayat 56
- Q.S. Hud (11) ayat 61
9. Subyek pendidikan
- Q.S. al-Rahman (55) ayat 56
- Q.S. al-Naja (53) ayat 5 - 6
- Q.S. al-Nahl (16) ayat 43 - 44
- Q.S. Kahfi (18) ayat 66

10. Objek Pendidikan
- Q.S. al-Tahrim (66) ayat 6
- Q.S. al-Syuara (26) ayat 214
- Q.S. al-Taubah (9) ayat 122
- Q.S. al-Nisa (4) ayat 170

11. Metode Pengajaran
- Q.S. al-Maidah (5) ayat 67
- Q.S. al-Nahl (16) ayat 125
- Q.S. al-A'raf (7) ayat 176 - 177
- Q.S. Ibrahim, 14 - 25

Buku Sumber :
1. MM. Al-Hijazi, Tafsir al-Wadhih
2. Musthafa Al-Maraghi
3. Al-Zamakhsari, Tafsir al-kanyat
4. Ibnu Katsir, Tafsir al-Qur'an al-Adhim
5. Al-Tabari, Jami Al-Bayan fi Tafsir Al-Qur'an
6. Al-Alusi, Ruh al-Maani
7. Al-Qurtubi, Al-Jumi li Ahkam Al-Qur'an
8. Sayyid Quthb, Fi Dhilal Al-Qur'an
9. Hamka, Tafsir Al-Azhar
10. Depag. RI, Al-Qur'an dan Terjemahnya .
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 - Nur Cholis Suhaimi | Designed by Kent

Home | Kembali ke Atas